Berikut adalah cara menggunakan tools Pembukuan UMKM:
1. Klik link spreadsheet yang telah diberikan.
2. Klik Menu File, lalu pilih buat salinan.
6. Klik sheet MASTER AKUN.
8. Isikan kolom pos sesuai nama akun, Berikut penjelasan lebih lanjut:
9. Klik sheet SALDO AWAL
10. Pada kolom debit atau kredit masukkan nominal saldo awal pada setiap akun. Sebagai contoh akun kas, saldo normalnya terletak pada Debit.
11. Pastikan nominal debit dan kredit pada saldo awal sama, sehingga muncul keterangan BALANCE.
12. Klik sheet JU KAS BESAR.
13. Jurnal umum dicatat berdasarkan transaksi yang dilakukan dan diurutkan berdasarkan tanggal. Dalam setiap satu kali transaksi, setidaknya ada dua akun yang digunakan (di sisi kredit dan debit) dalam jumlah yang seimbang.Terdapat beberapa kolom yang harus diisi antara lain:
Contoh pada tanggal 2 Feb 2023 PT. X membeli ATK seharga 100.000 secara tunai. Maka jurnalnya:
Karena pembelian dilakukan secara tunai maka kas berkurang dan perlengkapan (ATK) bertambah, sehingga akun perlengkapan berada pada kolom debit dan kas pada kredit. Karena terdapat akun kas pada penjurnalan, maka kolom PP diisi sesuai dengan transaksi yang dilakukan, yaitu pengeluaran.
14. Klik sheet BUKU BESAR KAS BESAR.
15. Buku besar berisi catatan seluruh transaksi yang digolongkan berdasarkan nama akun. Adapun cara untuk menampilkan mutasi akun yang diinginkan adalah dengan cara memilih kode akun yang tersedia pada sel J3.
Setelah memilih akun tersebut akan tersaji informasi mulai dari saldo awal akun, tanggal transaksi, kode akun, keterangan transaksi, nominal debit dan kredit, dan saldo.
16. Klik sheet SISTEM PENGGAJIAN.
17. Isikan nama karyawan pada kolom Nama.
18. Isikan Jabatan yang sesuai dengan karyawan tersebut.
19. Isikan nominal gaji pokok yang sesuai dengan kontrak.
20. Isikan nominal insentif, terdapat 2 kolom insentif yaitu:
21. Isikan nominal potongan gaji pada kolom potong gaji.
22. Koreksi kembali total gaji akhir pada kolom total gaji akhir di setiap karyawannya.
23. Koreksi total pengeluaran penggajian pada sel L18.
24. Pilih tanggalnya dan laporan harian dapat digunakan.
25. Setelah menginput semua transaksi pada bulan tersebut, lakukan rekap saldo akhir pada buku besar dengan cara melihat saldo paling akhir akun yang dipilih.
26. Setelah itu download kembali spreadsheet seperti langkah pada poin 1-5
27. Buka Sheet “SALDO AWAL”
28. Masukkan nominal saldo akhir tiap akunnya pada bulan sesuai dengan pos akun. Apabila pos “Db” maka saldo awal berada di debit dan bila “Kr” maka saldo awal di kredit.
29. Pembukuan bulan selanjutnya siap digunakan